BP2D Pandeglang Berikan Piagam Penghargaan Pada 60 WP Partisipatif

FAJARBANTEN.COM – Sekitar 60 Wajib Pajak (WP) yang ada di wilayah Kabupaten Pandeglang, mendapatkan reward, atau penghargaan dari Bupati Pandeglang, atas nama Pemkab Pandeglang, melalui Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) setempat, karena dinilai patuh, taat dan partisipatif dalam membayar pajak, pada sebuah acara yang dilaksanakan di salah satu rumah makan di Pandeglang, Selasa (16/7/2019).

Acara pemberian penghargaan yang dilaksanakan oleh BP2D Kabupaten Pandeglang ini, merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, dalam mengisi dan memperingati Bulan Patuh Pajak, atau Hari Pajak Nasional 2019. Dimana para WP Daerah Patuh dan Pertisipatif tersebut, terbagi beberapa katagori, mulai dari Perusahaan, Pengusaha Hotel, Restoran, Perbankan, BUMN, BUMD, dan Pengusaha Tempat Hiburan.

Penganugerahan Piagam tersebut, dilakukan secara simbolis pada 20 WP Daerah sebagai perwakilan dari pengusaha dan perusahaan yang dinilai baik, patuh, taat dan pertisipatif dalam membayar pajak daerah. Dimana pemberian secara simbolis itu, dilakukan oleh Sekrataris Daerah, Pery Hasanudin, didampingi Assisten Administrasi Umum, Undang Suhendar, dan Kepala BP2D Pandeglang, Utuy Setiadi.

Dalam sambutannya, Pery Hasanudin mengatakan, dirinya atas nama Pemkab Pandeglang, sangat mengapresiasi para WP Daerah yang telah taat dan konsisten dalam membayar pajak selama ini. Karena menurutnya, pajak adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sejatinya juga diberikan kembali pada masyarakat Pandeglang, dalam bentuk pembangunan infrastruktur secara umum.

“Saya atas nama Bupati dan atas nama Pemkab Pandeglang, sangat mengapresiasi pada para WP Daerah, yang selama ini selalu taat dan patuh dalam memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak, karena memang harus kita akui, pajak adalah salah satu bagian terpenting, dalam rangka capaian PAD Pandeglang, yang selanjutnya juga untuk pembangunan Pandeglang,” ungkap Pery, Sekda Pandeglang.

Dikatakannya juga, selama ini Pemkab terus berupaya untuk profesional dalam pengelolaan pajak, bahkan sampai saat ini segala bentuk transaksi pajak, diupayakan untuk dilakukan dengan sistem non tunai, atau pembayaran pajak secara online, disamping sistem pendaftaran dan pelaporan juga, bisa dilakukan secara online.

“Selama ini Pemkab Pandeglang terus memenuhi nilai dan azas profesionalitas, dimana dalam pengelolaan dan pelayanan pajak, di tandai dengan menerapkan transaksi maupun pelayanan secara online, mulai dari pendaftaran, pelaporan, maupun pembayaranya. Sehingga menyajikan pengelolaan pajak yang transparan, dan peluang tindakan koruptif, manipulatif serta tingkat kekeliruan, semakin bisa diminimalisir,” jelasnya.

Demikian juga dikatakan Kepala BP2D Kabupaten Pandeglang, Utuy Setiadi, yang menurutnya. Pemberian penghargaan kepada para WP Daerah tersebut, merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Daerah kepada seluruh WP yang telah patuh dan partisipatif dalam memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak selama ini.

“BP2D Pandeglang, saat ini mengelola 11 jenis obyek pajak, yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah, dengan target dari ke-11 obyek pajak itu, BP2D diberikan target sebesar Rp. 48 miliar dalam satu tahun. Maka dari itu, untuk dapat mencapai target tersebut, dibutuhkan ketaatan dan kesadaran WP Daerah dalam membayar pajaknya,” aku Utuy.

Melalui acara penganugrahan tersebut, besar harapan Kepala BP2D ini, bisa menjadi motivasi atau penggugah bagi para WP, untuk lebih baik lagi, serta lebih patuh lagi dalam membayar pajaknya. Hal ini pu masih menurut Utuy, sebagai bentuk transparansi pada seluruh wajib pajak, karena pajak itu tidak hanya sekedar mengelola dan tercapainya target, tidak hanya sebatas itu, akan tetapi yang paling terpenting adalah pengelolaan yang baik dan mengedepankan transparansi.

“Apa yang kami kerjakan dalam pengelolaan pajak ini, harus bisa di akses dan di ketahui oleh seluruh WP. Oleh karena itu, dalam meningkatkan pelayanan pajak, kami telah bekerjasama dengan pihak Bank, dan saat ini juga pihaknya telah menjalin kerjasama dengan PT. Pos Indonesia, untuk pembayaran pajak secara online,” ungkapnya.

“Intinya, akses pelayanan terus akan kami tingkatkan, guna mempermudah dan mempercepat pelayanan pembayaran pajak, sehingga terwujud pembangunan di Kabupaten Pandeglang. Dimana dari sekian banyak WP yang ada di Pandeglang ini, kita memilih sekitar 60 WP sebagai penerima anugrah, atau piagam penghargaan sebagai WP Patuh dan Partisipatif,” pungkasnya. (ADVEDTORIAL)