I Love Bayar Pajak Daerah

Posted by: Administrator | 29/12/2018 | Kategori: Daerah | 130 kali dibaca | Rating: 52

Pandeglang.. Berjalannya roda pembangunan terus bergerak, dari pembangunan Infrastruktur..jalan,jembatan,jalan tol,rumah sakit,sekolah dan fasilitas umum lainya. Hal ini tidak terlepas dari pondasi,kekuatan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) kab.Pandeglang dari sektor Pajak.ketika era otonomi daerah,maka sektor pajak sebagai salah satu andalan sumber pembangunan daerah,sehingga tuntutan pada kualitas Sumber Daya Manusia yang profesional untuk mengantarkan Sistem pungutan Pajak yang berfungsi secara efektip dan fleksibel.

 

UU D 45 Khususnya pasal 23 A yang menegaskan bahwa Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan UU. Dengan UU no. 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, yang menegaskan memberikan pedoman kebijaksanaan dan arahan bagi daerah dalam pelaksanaan pemungutan pajak dan retribusi.

 

Pemungutan Pajak atau penghimpun pajak bisa dilakukan secara dibayar sendiri oleh wajib pajak.Peraturan Daerah di kab.pandeglang provinsi Banten yang mengatur jenis pajak Hotel,Restoran,Hiburan,penerangan jalan,parkir,sarang burung walet,mineral batu bukan logam dan BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan).

 

Dari hasil pemungutan pajak tsb diatas diperoleh dari target 23,913,219,465.sampai di akhir bulan oktober (sesuai data diterima) tercapai 22,304,979,176.jadi berkisar 93,27  dan Kemudian dari hasil penetapan pajak yang meliputi jenis pajak PBB (pajak bumi dan bangunan) target 23 milyar,pajak reklame 1,2 milyar dan Pajak air bawah tanah 300 juta.dibulan oktober sesuai data dan wawancara kepala bidang 65 persen.pencapaianya.

 

Dari permasalahan pungutan pajak bumi dan bangunan,banyak kendala yang dihadapi yang pertama menurut penulis artikel ini adalah sinergitas artinya petugas pemungut pajak dan objek pajak (individu atau badan) kurang sinkron,ketika wajib pajak akan membayar pajak bumi dan bangunan ke kantor desa atau kelurahan,petugas pajak yang ditunjuk oleh kepala desa/kelurahan tidak sedang ada ditempat,padahal kadangkala wajib pajak sudah 2 kali datang ke kantor desa/kel.masih juga belum ketemu dengan petugas pemungut pajak.sehingga wajib pajak sudah males datang lagi dan objek pajak kepemilikanya tidak terbayarkan.seharusnya solusi dalam pelayanan pada masyarakat siapa saja yang dikantor desa/kel.bisa menerima pembayaran pajak tidak harus seorang saja.

 

Permasalahan yang dihadapi kendala yang kedua adalah memang petugas pemungut pajak kadangkala sulit untuk menagih pajak kepada pemilik objek pajak.misalnya orang pemilik objek pajak tinggalnya di luar kota pandeglang,namun hal ini bukan untuk menjadikan sebuah rintangan jadikan ini tantangan.selusuri pemilik bumi dan bangunan.percaya penulis artikel dengan ASN Kab.pandeglang yang memiliki kepiawaian manuver manuver menerobos pemilik  objek pajak keberadaanya.jika memang sudah sulit dihubungi sangsi tegas.yang diawali dengan teguran,peringatan dahulu.

 

Sektor jenis pelayanan pajak terkait pemungutan pajak,apa yang sudah dilakukan oleh BAYANJAK (badan pelayanan pajak) kab.pandeglang dari awal pemeriksaan wajib pajak potensial secara reguler dan kondisional ,bila memang wajib pajak seperti hotel,restoran yang belum membayar pajak maka dari Bayanjak melakukan penindakan pemasangan striker, maka menurut penulis artikel ini samakan dengan tagihan pajak bumi dan bangunan.pasang saja plang ukuran satu meter persegi.didepan hotel,restorannya.yakin mereka tidak akan berlama lama akan segera membayar pajak.

 

Untuk pencapaian target dari bidang pelayanan pajak patut upaya kerja memakai metode Sidak memonitor pergerakan dari objek pajak,sejauh mana kejujuran wajib pajak.sudah bagus dilakukan oleh Badan pelayanan pajak pandeglang melakukan monitoring satu bulan 4 kali apalagi di hari libur.cuman jangan sekarang kepada Bpk atau Ibu petugas pungutan pajak ke hotel2 karena lagi ada tsunami di pesisir pantai pandeglang.

 

Sebuah problem memang jika tidak didasari dengan ketulusan,ikhlas membayar pajak demi Pembangunan.membayar pajak membangun negeriku..membayar pajak membangun daerahku.bagaimana moto tsb bisa meresap di masyarakat.jika boleh berkata penulis, tidak ada salahnya dibentuk pendamping2 mitra kerja  oleh Bayanjak untuk menggairahkan motivasi mereka bertugas sebagai pilar kesadaran untuk membayar pajak dan sosialisasi di masyarakat..AKU CINTA KAMU MEMBAYAR PAJAK. 

(Penulis Dadang Suryadi – 087773773685)

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

I Love Bayar Pajak Daerah

by: Administrator | 29 December 2018

BP2D Pandeglang Sosialisasikan Zona Nilai Tanah PBB-P2

by: Administrator | 24 November 2018

Kesadaran Warga Bayar PBB P2 masih Rendah

by: Administrator | 29 December 2018

Informasi untuk masyarakat Wajib pajak Daerah

by: Administrator | 26 November 2018

Seminar Nasional Membangun Kemandirian Daerah

by: Administrator | 26 November 2018

POST TERBARU

Kesadaran Warga Bayar PBB P2 masih Rendah

by: Administrator | 29 December 2018

I Love Bayar Pajak Daerah

by: Administrator | 29 December 2018

Informasi untuk masyarakat Wajib pajak Daerah

by: Administrator | 26 November 2018

Seminar Nasional Membangun Kemandirian Daerah

by: Administrator | 26 November 2018

BP2D Pandeglang Sosialisasikan Zona Nilai Tanah PBB-P2

by: Administrator | 24 November 2018